Febi Laksanakan Workshop Peningkatan Pelayanan Guna Mewujudkan Zona Integritas

09 June 2024

75 x read

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Imam Bonjol Padang mengadakan workshop peningkatan layanan akademik dan kemahasiswaan, layanan umum, dan layanan keuangan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung program zona integritas FEBI. Oleh sebab itu, kegiatan ini mengangkat tema, “Membangun Tata Kelola Kelembagaan Berbasis Zona Integritas”. Kegiatan ini adalah wujud komitmen FEBI untuk memperbaiki mutu pelayanan secara terus-menerus. Tujuannya adalah untuk meningkatkan standar pelayanan prima di lingkungan FEBI. Kegiatan yang berlangsung mulai dari tanggal 7-9 Juni 2024 di Pangeran Beach ini dihadiri oleh 119 orang peserta yang terdiri dari pimpinan fakultas, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, perwakilan Ormawa FEBI, petugas kebersihan, serta serta petugas keamanan di lingkungan FEBI. Hal ini menunjukkan keseriusan FEBI untuk meningkatkan kualitas semua lini pelayanan fakultas.

Acara workshop dibuka oleh Dr. Yasrul Huda, Wakil Rektor I UIN Imam Bonjol Padang. Pada sambutannya, beliau menumpangkan harapan agar kegiatan ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya integritas pada setiap aspek layanan di fakultas. “Melalui workshop ini, kita ingin membekali seluruh sivitas akademika dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendukung tercapainya Zona Integritas di FEBI,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, H. Ahmad Wira, M.Ag., M.Si., Ph.D, pada sambutannya, menyampaikan komitmen untuk menjadikan FEBI wilayah yang bersih dan melayani. Oleh sebab itu, workshop ini diharapkan dapat menggali dan merumuskan prosedur pelayanan sesuai dengan tupoksi masing-masing. “Semoga workshop ini membuahkan hasil dan hasil tersebut dapat didiseminasikan serta dijalankan sesuai dengan bagian masing-masing,” Ujarnya. Workshop ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik, kemahasiswaan, umum, dan keuangan di lingkungan FEBI. Sejalan dengan itu, FEBI berkomitmen untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) serta menegakkan integritas agar Fakultas FEBI bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini difasilitasi oleh Dr. Khairul Fahmi, S.H., M.H. beserta tim. Kegiatan dimulai dengan paparan materi oleh Dr. Fahmi tentang bagaimana membangun tata kelola kelembagaan berbasis zona integritas. Selanjutnya, peserta diajak untuk merefleksikan pengalaman baik dan pengalaman buruk terkait pelayanan akademik, kemahasiswaan, umum dan keuangan di lingkungan FEBI. Kemudian fasilitator menggali apa yang menjadi harapan peserta terkait pelayanan FEBI ke depannya. Berdasarkan hasil pemetaan tersebut, disusunlah nilai, prinsip, dan sikap pelayanan di FEBI, baik layanan akademik, kemahasiswaan, umum, dan keuangan, termasuk juga layanan kebersihan, keamanan serta layanan Ormawa di lingkungan FEBI. Workshop ini menghasilkan rumusan nilai,  prinsip, serta sikap pelayanan di lingkungan FEBI. Adapun nilai-nilai yang disepakati sebagai ruh pelayanan FEBI adalah profesionalitas, akuntabilitas, integritas, dan keihlasan. Harapannya tentu saja rumusan yang dihasilkan dalam workshop ini  tidak sekedar menjadi dokumen tetapi juga diimplementasikan dalam layanan fakultas sehari-hari.

Berita Lainnya

Selamat Datang Mahasiswa Baru Angkatan 2023

04 December 2023

Hari ini, Senin 21 Agustus merupakan awal semester baru di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Selamat...

Uin Imam Bonjol Padang Meluncurkan Ib Fresh

03 December 2023

UPT BISNIS UIN Imam Bonjol Padang Mengeluarkan air minum dalam Kemasan Branding Merk IB Fresh, tersed...

Dosen Febi Mengikuti Sertifikasi Pengelolaan Wakaf

01 December 2023

Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Nazhir Wakaf yang diadakan di Jakarta pada tanggal 17 April 2022...

Dekan Cup Febi 2023

04 December 2023

Dekan Cup FEBI 2023

...

Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (rps)

04 December 2023

Pada tanggal 29-31 Juli 2022 telah dilakukan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS),...

Dosen Febi Mengikuti Training Of Trainer (tot) Kebanksentralan

04 December 2023

Wushi Ardilla Arsy, M.Si, dosen sekaligus Sekretaris Program Studi Perbankan Syariah mengikuti Traini...